Pages

Labels

Minggu, 25 Oktober 2015

Seni Rupa

1. Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik dengan mengandalkan asepek filosofis dari ilmu pengetahuan formatif yang terdapat pada ...
a. Estetika
b. Etika
c. Logika
d. Karakter

2.     Mempelajari kesenian mancanegara dalam pembelajaran seni budaya bertujuan untuk..
a. Pengembangan apresiasi
b. Membina kepekaan estetik
c. Membandingkan ragam budaya
d. Mentranfer budaya asing

3. Pendekatan Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik menjadi manusia yang .............
a. Rasionalis
b. Empiris
c. Filosofis
d. Humanistis.

4.     Pada standar kompetensi pembelajaran seni budaya, siswa diminta untuk mengidentifikasi karya seni, kegiatan tersebut mengarah pda pengembangan aspek..
a. Kreasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Meneliti

5.   Sifat mata pelajaran seni budaya memiliki muatan pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi yang berorientasi pada tiga pendekatan, seperti pada butir-butir jawaban ini, kecuali .......
a. Multidimensional
b. Multitalenta
c. Multiligual
d. Multikultural.

6.  Konsep pembelajaran seni mengaitkan faktor pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi dengan memadukan unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika, terdapat pada pendekatan….
a. Multilingual
b. Multidimensional
c. Multikultural
d. Multitalenta

7.     Pengamatan yang mendalam saat mengapresiasi karya seni rupa pada pandangan pertama, dan menyiapkan diri untuk merasa suka disebut sikap...
a. Simpati
b. Kreasi
c. Empati
d. Eksplorasi

8.     Berbagai jenis kesenian yang berkembang di Indonesia pada pembelajaran seni budaya, masuk pada konteks..
a. Budaya asli
b. Budaya bangsa
c. Seni Nusantara
d. Budaya Nusantara

9.     Dalam menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran terlebih dahulu perlu dibuat rancangan penyusunan karya dengan memperhatikan               pada tata letaknya.
a. Irama
b. Keseimbangan
c. Harga
d. Komposisi

10. Hasil pembelajaran seni budaya dapat diukur berdasarkan produk atau prosesnya. Salah satu indikator dalam menilai proses adalah...
a. Keaktifan siswa
b. Pekerjaan rumah siswa
c. Hasil karya yang dibuat cepat
d.Karyanya bervariasi

11. Susunan dari unsur rupa yang perulangannya direncanakan dalam perulangan sejenis disebut irama...
a. Alternatif
b. Repetitif
c. Progresif
d. Serasi

12. Komposisi yang harmonis dengan adanya kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi dan fokus, akan terjadi bila perupa saat menata menggunakan..
a. Prinsip seni rupa
b. Elemen seni rupa
c. Medium seni rupa
d. Unsur seni rupa

13. Mengukur kepekaan estetik dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan memaknai , menghasilkan
a. Unsur estetik
b. Nilai estetik
c. Moment estetik
d. Unsur estetik

14. Bila Anda meraba permukaan benda akan terasa lembut, halus atau kasar, maka Anda sedang berhadapan dengan ....
a. Jenis tekstur
b. Kualitas tekstur
c. Bahan tekstur
c. Corak tekstur

15. Kurator melakukan kurasi, mengkolaborasi antarperupa dengan menggabungkan gagasan dalam pameran dan utamanya adalah membangun wacana dan mempresentasikan ide dan wacana yang dibuat, karena itu kurator disebut sebagai..
a. Birokrator
b. Kolektor
c. Kreator pameran
d. Kolekdol

16. Konsep pembelajaran seni rupa terdiri dari materi pemahaman tentang Seni Rupa, komposisi, dan aktivitas dengan tiga kategori yang terdiri dari butir jawaban soal ini, kecuali
a. Aktivitas apresiasi
b. Aktivitas membelia
c. Aktivitas ekspresi diri
d. Aktivitas pengamatan

17. Secara garis besar yang mengurusi seluk beluk dan konsep produksi, pameran, dan pemasaran serta merencanakan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan mengembangkan berbagai produksi seni disebut sebagai....
a. manajemen seni
b. manager seni
c. broker seni
d. kolektor seni

18. Dengan segenap daya seseorang meciptakan karya seni dengan kemampuan mencipta kombinasi, menuangkan keunikan gagasan dan nilai kebaruan dari bentuk ekspresi suatu karya seni. Kemampuan tersebut terdapat pada...
a. Orsinalitas
b. Spontanitas
c. Sensitivitas
d. Kreativitas

19. Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan, mengandung muatan yang bertujuan pada keterampilan personal, social, vokasional, dan akademik. Aspek-aspek keterampilan tersebut khususnya terdapat pada pembelajaran....
a. Seni Rupa
b. Seni Kerajinan
c. Seni Tari
d. Seni Musik

20. Secara hierarkhi pembuatan karya seni hias tradisional tidak terlepas dari Motif, Pola, Ornamen dan Ragam Hias. Karya sejenis ini termasuk pada karya    
a. Seni dekoratif
b. Seni rupa lama
c. Seni rakyat
d. Seni primitif

21. Salah satu Konsep Keterampilan Kerajinan yang sangat diharapkan menjadi bidang penting dalam pelestarian seni kriya berperan penting di dalam ...
a. Konservasi Seni Budaya Nusantara
b. Komersialisasi Budaya
c. Pendidikan Budaya
d. Persaingan Budaya

22. Pada saat siswa berolah seni secara langsung ia pun melibatkan pengalaman dan intelektualnya, hal ini disebut sebagai proses         
a. Dekorasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Eksplorasi

23. Bila hasil belajar seni dapat mengembangkan kemampuan belajar di bidang ilmu lainnya dan seni rupa berperan sebagai media atau sarana, maka strategi pembelajaran ini disebut....
a. Belajar Melalui Seni
b. Belajar dari Seni
c. Belajar tentang Seni
d. Belajar dengan Seni

24. Fungsi Hias Benda Kerajinan sebagai karya seni rupa tradisional yang banyak ditemukan dan dilakukan pelestarian sebagai peninggalan budaya, disebut sebagai...
a. Warisan
b. Cendramata
c. Ragam hias
d. Artefak

25. Karya seni rupa yang tidak berkaitan dengan fungsi pakai disebut seni murni, sebagai contoh adalah
a. Lukisan
b. Keris
c. Batik
d. Tekstil

26. Fungsi motif dan ragam hias benda seni kerajinan pada kainan tenunan dan ukiran kayu atau batu, biasanya orang menganggap bahwa seni hias dibuat untuk dimaknakan sebagai simbol yang dipercayai membawa   
a.Tujuan keindahan.
b. Kepercayaan
c. Keberuntungan
d. Identitas

27. Penilaian terhadap proses sebagai representasi belajar penguasaan teknis, eksplorasi media dan demonstrasi serta penyajian proses kreatif disebut sebagai penilaian...
a. penilaian konsep
b. penilaian portofolio
c. penilaian produk
d. Penilaian Kinerja

28. Dalam pembelajaran seni terpadu Guru memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa, kegiatan yang dipilih bertolak dari minat dan keinginan siswa, sehingga pembelajaran menjadi bermakna, pendekatan ini disebut pendekatan...
a.Tematik
b.Pembelajaran
Kontekstual
c. PembelajaraAktif
d. CBSA

29. Beragamnya jenis kerajinan di Indonesia merupakan kondisi positif, hal ini mendorong guru untuk memberikan materi pelajaran secara elaborasi. Pendekatan ini akan behasil bila guru..
a. Menggunakan video
b. Mendatangkan perajin
ke sekolah
c. Studi Wisata
d. Membaca buku

30. Seni Batik menjadi pelajaran yang banyak dipilih guru untuk diajarkan di Sekolah. Teknik batik yaang sesuai dan tepat diajarkan di SMP adalah...
a. Teknik Celup ikat
b. Teknik batik printing
c. Teknik batik cap

d. Teknik batik lukis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

testing