1. Pembelajaran
seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik dengan mengandalkan asepek
filosofis dari ilmu pengetahuan formatif yang terdapat pada ...
a.
Estetika
b.
Etika
c.
Logika
d.
Karakter
2. Mempelajari
kesenian mancanegara dalam pembelajaran seni budaya bertujuan untuk..
a. Pengembangan apresiasi
b. Membina kepekaan estetik
c. Membandingkan ragam budaya
d. Mentranfer budaya asing
3. Pendekatan
Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik menjadi
manusia yang .............
a. Rasionalis
b. Empiris
c. Filosofis
d. Humanistis.
4. Pada
standar kompetensi pembelajaran seni budaya, siswa diminta untuk
mengidentifikasi karya seni, kegiatan tersebut mengarah pda pengembangan
aspek..
a. Kreasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Meneliti
5. Sifat
mata pelajaran seni budaya memiliki muatan pembelajaran tentang konsepsi,
apresiasi dan kreasi yang berorientasi pada tiga pendekatan, seperti pada
butir-butir jawaban ini, kecuali .......
a. Multidimensional
b. Multitalenta
c. Multiligual
d. Multikultural.
6. Konsep
pembelajaran seni mengaitkan faktor pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi
dan kreasi dengan memadukan unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika,
terdapat pada pendekatan….
a. Multilingual
b. Multidimensional
c. Multikultural
d. Multitalenta
7. Pengamatan
yang mendalam saat mengapresiasi karya seni rupa pada pandangan pertama, dan menyiapkan
diri untuk merasa suka disebut sikap...
a. Simpati
b. Kreasi
c. Empati
d. Eksplorasi
8. Berbagai
jenis kesenian yang berkembang di Indonesia pada pembelajaran seni budaya,
masuk pada konteks..
a. Budaya asli
b. Budaya bangsa
c. Seni Nusantara
d. Budaya Nusantara
9. Dalam
menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran terlebih dahulu
perlu dibuat rancangan penyusunan karya dengan memperhatikan pada tata letaknya.
a. Irama
b. Keseimbangan
c. Harga
d. Komposisi
10. Hasil
pembelajaran seni budaya dapat diukur berdasarkan produk atau prosesnya. Salah
satu indikator dalam menilai proses adalah...
a. Keaktifan siswa
b. Pekerjaan rumah siswa
c. Hasil karya yang dibuat cepat
d.Karyanya bervariasi
11. Susunan
dari unsur rupa yang perulangannya direncanakan dalam perulangan sejenis
disebut irama...
a. Alternatif
b. Repetitif
c. Progresif
d. Serasi
12. Komposisi
yang harmonis dengan adanya kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi dan fokus,
akan terjadi bila perupa saat menata menggunakan..
a. Prinsip seni rupa
b. Elemen seni rupa
c. Medium seni rupa
d. Unsur seni rupa
13. Mengukur
kepekaan estetik dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan memaknai ,
menghasilkan
a. Unsur estetik
b. Nilai estetik
c. Moment estetik
d. Unsur estetik
14. Bila
Anda meraba permukaan benda akan terasa lembut, halus atau kasar, maka Anda
sedang berhadapan dengan ....
a. Jenis tekstur
b. Kualitas tekstur
c. Bahan tekstur
c. Corak tekstur
15. Kurator
melakukan kurasi, mengkolaborasi antarperupa dengan menggabungkan gagasan dalam
pameran dan utamanya adalah membangun wacana dan mempresentasikan ide dan
wacana yang dibuat, karena itu kurator disebut sebagai..
a. Birokrator
b. Kolektor
c. Kreator pameran
d. Kolekdol
16. Konsep
pembelajaran seni rupa terdiri dari materi pemahaman tentang Seni Rupa,
komposisi, dan aktivitas dengan tiga kategori yang terdiri dari butir jawaban
soal ini, kecuali
a. Aktivitas apresiasi
b. Aktivitas membelia
c. Aktivitas ekspresi diri
d. Aktivitas pengamatan
17. Secara
garis besar yang mengurusi seluk beluk dan konsep produksi, pameran, dan
pemasaran serta merencanakan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan mengembangkan
berbagai produksi seni disebut sebagai....
a. manajemen seni
b. manager seni
c. broker seni
d. kolektor seni
18. Dengan
segenap daya seseorang meciptakan karya seni dengan kemampuan mencipta
kombinasi, menuangkan keunikan gagasan dan nilai kebaruan dari bentuk ekspresi
suatu karya seni. Kemampuan tersebut terdapat pada...
a. Orsinalitas
b. Spontanitas
c. Sensitivitas
d. Kreativitas
19. Dalam
pembelajaran seni budaya dan keterampilan, mengandung muatan yang bertujuan
pada keterampilan personal, social, vokasional, dan akademik. Aspek-aspek
keterampilan tersebut khususnya terdapat pada pembelajaran....
a. Seni Rupa
b. Seni Kerajinan
c. Seni Tari
d. Seni Musik
20. Secara
hierarkhi pembuatan karya seni hias tradisional tidak terlepas dari Motif,
Pola, Ornamen dan Ragam Hias. Karya sejenis ini termasuk pada karya
a. Seni dekoratif
b. Seni rupa lama
c. Seni rakyat
d. Seni primitif
21. Salah
satu Konsep Keterampilan Kerajinan yang sangat diharapkan menjadi bidang
penting dalam pelestarian seni kriya berperan penting di dalam ...
a. Konservasi Seni Budaya Nusantara
b. Komersialisasi Budaya
c. Pendidikan Budaya
d. Persaingan Budaya
22. Pada
saat siswa berolah seni secara langsung ia pun melibatkan pengalaman dan
intelektualnya, hal ini disebut sebagai proses
a. Dekorasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Eksplorasi
23. Bila
hasil belajar seni dapat mengembangkan kemampuan belajar di bidang ilmu lainnya
dan seni rupa berperan sebagai media atau sarana, maka strategi pembelajaran
ini disebut....
a. Belajar Melalui Seni
b. Belajar dari Seni
c. Belajar tentang Seni
d. Belajar dengan Seni
24. Fungsi
Hias Benda Kerajinan sebagai karya seni rupa tradisional yang banyak ditemukan
dan dilakukan pelestarian sebagai peninggalan budaya, disebut sebagai...
a. Warisan
b. Cendramata
c. Ragam hias
d. Artefak
25. Karya
seni rupa yang tidak berkaitan dengan fungsi pakai disebut seni murni, sebagai
contoh adalah
a. Lukisan
b. Keris
c. Batik
d. Tekstil
26. Fungsi
motif dan ragam hias benda seni kerajinan pada kainan tenunan dan ukiran kayu
atau batu, biasanya orang menganggap bahwa seni hias dibuat untuk dimaknakan
sebagai simbol yang dipercayai membawa
a.Tujuan keindahan.
b. Kepercayaan
c. Keberuntungan
d. Identitas
27. Penilaian
terhadap proses sebagai representasi belajar penguasaan teknis, eksplorasi
media dan demonstrasi serta penyajian proses kreatif disebut sebagai
penilaian...
a. penilaian konsep
b. penilaian portofolio
c. penilaian produk
d. Penilaian Kinerja
28. Dalam
pembelajaran seni terpadu Guru memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa,
kegiatan yang dipilih bertolak dari minat dan keinginan siswa, sehingga
pembelajaran menjadi bermakna, pendekatan ini disebut pendekatan...
a.Tematik
b.Pembelajaran
Kontekstual
c. PembelajaraAktif
d. CBSA
29. Beragamnya
jenis kerajinan di Indonesia merupakan kondisi positif, hal ini mendorong guru
untuk memberikan materi pelajaran secara elaborasi. Pendekatan ini akan behasil
bila guru..
a. Menggunakan video
b. Mendatangkan perajin
ke sekolah
c. Studi Wisata
d. Membaca buku
30. Seni
Batik menjadi pelajaran yang banyak dipilih guru untuk diajarkan di Sekolah.
Teknik batik yaang sesuai dan tepat diajarkan di SMP adalah...
a. Teknik Celup ikat
b. Teknik batik printing
c. Teknik batik cap
d. Teknik batik lukis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
testing