Fungsi IF dlm ms excell
Fungsi IF adalah penerapan Fungsi logika untuk mendapatkan beberapa kemungkinan dengan mengacu pada kondisi Objek. Fungsi AND adalah Fungsi yang akan menyeleksi Dua Atau lebih kondisi yang benar artinya jika dua atau lebih kondisinya Benar maka hasilnya Benar, namun jika Salah satu kondisi salah mak hasilnya akan salah.
Fungsi OR adalah fungsi yang mempunyai hasil Benar jika salah satu dari dua tau lebih acuhan dalam kondisi benar, akan memiliki hasil salah jika semua acuhan tidak memiliki kondisi Benar, Ribet ya ???????????????? OK agar lebih jelas, mari kita perhatikan Pembelajaran berikut. Mohon permisi buat para mastah Excel, ini sesuai dengan tema Blog " Pembelajaran Dasar ilmu komputer "
Menerapkan Fungsi IF
Untuk memulai silahkan anda Buka Program Microsoft Excel 2003 / 2007, terserah
pilih Start Menu - All Program - Microsoft Office - pilih Microsoft Excel
Pertama :
Fungsi IF Tunggal
Adalah Fungsi IF yang hanya memiliki 2 kemungkinan nilai yang akan muncul
sebagai contoh silahkan anda buat Tabel dengan Kepala kolom ( coloumn Head ) Nilai dan Keterangan, Lihat gambar 1
klik pada kolom B2 tepat di bawah cell B1, ketikkan rumus seperti di bawah ini :
Fungsi OR adalah fungsi yang mempunyai hasil Benar jika salah satu dari dua tau lebih acuhan dalam kondisi benar, akan memiliki hasil salah jika semua acuhan tidak memiliki kondisi Benar, Ribet ya ???????????????? OK agar lebih jelas, mari kita perhatikan Pembelajaran berikut. Mohon permisi buat para mastah Excel, ini sesuai dengan tema Blog " Pembelajaran Dasar ilmu komputer "
Menerapkan Fungsi IF
Untuk memulai silahkan anda Buka Program Microsoft Excel 2003 / 2007, terserah
pilih Start Menu - All Program - Microsoft Office - pilih Microsoft Excel
Pertama :
Fungsi IF Tunggal
Adalah Fungsi IF yang hanya memiliki 2 kemungkinan nilai yang akan muncul
sebagai contoh silahkan anda buat Tabel dengan Kepala kolom ( coloumn Head ) Nilai dan Keterangan, Lihat gambar 1
klik pada kolom B2 tepat di bawah cell B1, ketikkan rumus seperti di bawah ini :
=IF(A2>=60,"LULUS","REMIDI")
Rumus diatas artinya, jika pada cell A2 diisikan angka 60 / lebi besar maka akan muncul keterangan LULUS pada cell B2, sebaliknya jika pada cell A2 di isikan nilai angka kurang dari 60, maka akan muncul keterangan REMIDI pada Cell B2. lihat gambar 2
Gampang kan ! sekarang mari kita tingkatkan
Kedua :
Fungsi IF Bertingkat
adalah Fungsi IF yang memiliki lebih dari 2 kemungkinan nilai yang akan muncul
contoh : dari tabel di atas tambahkan kolom pada cell C1 berikan coloumn Head Keterangan ke2
klik pada cell C2 tepat dibawah cell C1 dan ketikkan rumus di bawah ini :
=IF(A2>=90,"SANGAT BAIK",IF(A2>=70,"BAIK",IF(A2>=60,"CUKUP",IF(A2>=50,"KURANG","SANGAT KURANG"))))
- jika nilai pada cell A2 lebih besar/sama dengan 90 maka akan muncul keterangan SANGAT BAIK pada Cell C2
- jika nilai pada cell A2 lebih besar/sama dengan 70 maka akan muncul keterangan BAIK pada Cell C2
- jika nilai pada cell A2 lebih besar/sama dengan 60 maka akan muncul keterangan CUKUP pada Cell C2
- jika nilai pada cell A2 lebih besar/sama dengan 50 maka akan muncul keterangan KURANG pada Cell C2
- jika nilai pada cell A2 lebih kecil dari 50 maka akan muncul keteranganSANGAT KURANG pada Cell C2
saat nilai pada Cell A2 kita ganti maka akan terjadi perubahan pada kolom keterangan sesuai dengan rumus yang kita berikan
untuk isi dari keterangan yang ingin di munculkan tergantung pada kebutuhan, artinya dapat anda ubah sesuai yang anda inginkan. Untuk mengembangkan Fungsi IF dapat di kompbinasi dengan Fungsi AND / OR, Pembelajaran berikutnya akan kita bahas Fungsi AND dan OR pada Excel, serta kombinasi kedua fungsi tersebut dengan fungsi IF
untuk isi dari keterangan yang ingin di munculkan tergantung pada kebutuhan, artinya dapat anda ubah sesuai yang anda inginkan. Untuk mengembangkan Fungsi IF dapat di kompbinasi dengan Fungsi AND / OR, Pembelajaran berikutnya akan kita bahas Fungsi AND dan OR pada Excel, serta kombinasi kedua fungsi tersebut dengan fungsi IF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
testing