Pages

Labels

Minggu, 07 Juni 2009

RPP TIK Kelas VII/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Sekolah : SMP SMP Negeri 2 Selaawi
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 1


Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

Indikator :
Memahami penggunaan telegraf, telepon, faksmile, televisi, radio, telepon bergerak, komputer dan Internet, dan peranan masing-masing dalam menyampaikan informasi.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi telekomunikasi
2. Siswa memahami karateristik dasar dan penggunakan teknologi telekomunikasi
3. Siswa mengenal berbagai jenis komputer dan penggunaanya sebagai sebuah perangkat TIK
4. Siswa mengenal Internet sebagai sebuah perangkat TIK

B. Materi Pembelajaran
1. Telegraf
2. Telepon
3. Faksmile
4. Televisi
5. Radio
6. Telepon bergerak
7. Komputer
8. Internet

C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Diskusi Kelompok
Debat
Game

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan siapa yang pernah menggunakan peralatan TIK tertentu (mis. Siapa yang pernah menggunakan telegraf).
2) Siapa yang tahu bagaimana sebuah peralatan TIK bekerja.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang peralatan TIK.
2) Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah peralatan TIK yang ada.
3) Masing-masing siswa dalam kelompok diundi untuk mendapatkan satu buah peralatan TIK yang harus dipelajari.
4) Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mendiskusikan peralatan TIK yang menjadi tanggung jawab mereka.
5) Masing-masing kelompok diberi nilai 100.
6) Secara berurutan setiap kelompok melempar pertanyaan seputar peralatan TIK tertentu ke kelompok tertentu.
7) Jika pertanyaan tidak dapat dijawab, maka kelompok tersebut harus menyerahkan nilainya 10. Jika pertanyaan dapat dijawab, maka sipenanya harus menyerahkan nilainya 10.
8) Kelompok dengan nilai nol atau minus tidak boleh lagi bertanya.
9) Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenang.
10) Guru bertanggung jawab untuk menjawab jika ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
4) Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
5) Guru memberikan tugas
Setiap siswa harus membuat kliping dari media cetak seputar peralatan TIK yang terbaru, teknologi apa yang digunakan dan apa kelebihanya.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mengulangi peralalatan TIK yang sudah pernah ada.
2) Guru bertanya, apa peralatan yang masih digunakan dan dikembangkan dan apa peralatan TIK yang tidak digunakan lagi.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang peralatan-peralatan terbaru.
2) Masing-masing siswa diminta menceritakan sebuah teknologi baru dari kliping yang sudah dibuat secara bergiliran. Point yang harus ditekankan adalah, kegunaan peralatan, teknologi baru yang digunakan, dan manfaat atau kelebihannya dari peralatan yang sudah ada.
3) Guru memberi komentar terhadap peralatan TIK yang diceritakan oleh siswa.

c. Kegiatan penutup
1) Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang peralatan TIK.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru bertanya apa peralatan TIK yang paling berjasa pada manusia.
2) Guru bertanya apa peralatan TIK yang paling banyak digunakan saat ini.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang penggunaan TIK sehari-hari.
2) Guru membagi siswa dalam dua kelompok.
3) Masing-masing kelompok melakukan debat seputar topik berikut ini:
 Peralatan TIK paling mudah digunakan
 Peralatan TIK yang paling murah
 Peralatan TIK yang paling banyak penggunanya. Mengapa?
 Peralatan TIK yang mempunyai selang waktu paling lama digunakan?
4) Guru mengambil kesimpulan

c. Kegiatan penutup
1) Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing peserta didik merangkum hasil pembelajaran

E. Sumber Belajar
1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
b. Keaktifan saat diskusi dan debat
2. Bentuk instrumen
a. PG dan isian singkat
b. Daftar penilaian diskusi/debat





Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

Indikator :
1. Menceritakan perkembangan teknologi komunikasi, telegraf, telepon, radio, televisi dan komputer.
2. Memahami pengaruh kemajuan TIK terhadap cara manusia berkomunikasi

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mengetahui berbagai cara komunikasi pada jaman prasejarah
2. Siswa memahami perkembangan sejarah telegraf, telepon, radio dan televisi.
3. Siswa memahami perkembangan sejarah komputer dan hal-hal yang mempengaruhinya.

B. Materi Pembelajaran
Sejarah teknologi komunikasi pada zaman permulaan, sejarah telegraf, telepon, radio, televisi dan komputer.

C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Diskusi Kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru bertanya, siapakah penemu peralatan TIK tertentu.
2) Guru bertanya siapakah orang paling berjasa dalam dunia TIK.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang sejarah perkembangan TIK.
2) Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok dan diundi untuk mendapatkan sebuah nama tokoh TIK.
3) Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mempelajari dan mendiskusikan tokoh mereka.
4) Kelompok melakukan debat untuk mempertahankan tokohnya sebagai orang paling berjasa dalam dunia TIK.
5) Guru mengarahkan debat.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi dan debat yang sudah dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
4) Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
5) Guru memberikan tugas:
Masing-masing siswa menulis surat untuk tokoh TIK yang mereka kagumi.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mengumpulkan tugas-tugas yang sudah diberikan.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang sejarah perkembangan komputer.
2) Guru membagi siswa dalam kelompok.
3) Siswa dalam kelompok menganalisa perkembangan komputer dari generasi pertama sampai generasi keempat. Menambahkan apa saja kelebihan dari setiap generasi dari generasi sebelumnya. Dan bagaimana perkembangan penggunaanya.
4) Masing-masing kelompok mempresentasikan pekerjaannya.

c. Kegiatan penutup
1) Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang sejarah perkembangan komputer.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
4) Guru memberikan tugas:
Mencari tulisan dan artikel seputar perkembangan komputer di media cetak.

E. Sumber Belajar
1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
b. Pengamatan kinerja
2. Bentuk instrumen
a. PG dan isian singkat
b. Daftar penilaian keaktifan siswa


Kompetensi Dasar :
1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Indikator :
1. Menyebutkan contoh-contoh pemanfaatan TIK
2. Menyebutkan keuntungan pemanfaatan TIK
3. Menghargai hasil karya orang lain
4. Memberi contoh hak cipta perangkat lunak
5. Menerapkan tatacara menguntip/mengkopi hasil karya orang lain
6. Menyebutkan berbagai contoh cybercrime
7. Memahami bahaya penyebaran virus
8. Memahami bahaya pornografi, perjudian dan penipuan sebagai dampak penggunaan TIK
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang dan keuntungan penggunaannya
2. Siswa mampu mengidentifikasi dampak buruk dari teknologi informasi dan komunikasi dan bagaimana menghindarinya

B. Materi Pembelajaran
1. Berbagai pemanfaatan TIK
2. Dampak negatif penggunaan TIK

C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Diskusi Kelompok
Debat

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru bertanya, apakah siswa pernah melakukan transaksi di Internet.
2) Apakah siswa pernah memanfaatkan Internet sebagai sarana belajar.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
2) Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok kooperatif
3) Secara berkelompok peserta didik melakukan diskusi dengan topik-topik berikut:
 Contoh-contoh pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
 Apa saja keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan TIK tersebut.
4) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran
4) Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik
5) Guru memberikan tugas:
Siswa diminta mencari artikel atau berita dari media cetak, bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi memanfaatkan TIK dalam kegiatan bisnis mereka.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan kembali apa manfaat TIK dalam kehidupan sehari-hari.
2) Siswa diminta mengumpulkan tugas yang diberikan.
3) Guru membahas tugas yang dikumpulkan.
4) Guru menceritakan kejadian buruk sehubungan dengan dampak negatif dari TIK.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab bagaimana dampak buruk dari penggunaan TIK.
2) Guru membagi siswa dalam kelompok.
3) Masing-masing kelompok melakukan brainstorming bagaimana menghentikan dan menghindari penipuan mengunakan ATM dan SMS yang marak terjadi dalam masyarakat.
4) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya.

c. Kegiatan penutup
1) Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang menghentikan penipuan melalui ATM dan SMS.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
4) Guru memberikan tugas:
Mencari berita dan artikel seputar penipuan dengan memanfaatkan peralatan TIK.

3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru bertanya apa dampak negatif penggunaan TIK.
2) Selain penipuan, apa dampak negatif lain dari penggunaan TIK.

b. Kegiatan Inti
1) Guru mengumpulkan tugas siswa.
2) Guru membahas tugas-tugas.
3) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang dampak buruk lain selain penipuan.
4) Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
5) Masing-masing kelompok melakukan brainstorming bagaimana menghentikan dan menghindari virus/pornografi/perjuadian di Internet. Masing-masing kelompok hanya mendapatkan satu topik.
6) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberikan kesimpulan seputar diskusi yang sudah dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing peserta didik merangkum hasil praktikum

E. Sumber Belajar
2. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

F. Penilaian Hasil Belajar
3. Teknik penilaian
c. Tes tertulis
d. Pengamatan kinerja
4. Bentuk instrumen
c. PG dan isian singkat
d. Daftar penilaian keaktifan siswa


Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi Dasar : 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
2.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Indikator :
1) Menunjukkan bagianbagian perangkat Teknologi Informasi dan Komunikas yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
2) Menghidupkan komputer sesuai prosedur
3) Memperagakan posisi tubuh dan komputer sesuai K3
4) Mendemonstrasikan prosedur Pengoperasian perangkat Teknologi Informasi dan Komunikas
5) Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai prosedur
6) Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
7) Menjalankan satu atau lebih program aplikasi

Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mengetahui pentingnya memperhatikan aspek K3 saat bekerja dengan komputer.
2. Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip K3 saat bekrja dengan komputer.
3. Siswa mampu menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
4. Siswa mampu menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar.
5. Siswa mampu mematikan komputer sesuai dengan prosedur.
6. Siswa mengerti apa yang dimaksud dengan sistem operasi.
7. Siswa mengetahui fungsi dari sebuah sistem operasi.
8. Siswa mengenal berbagai sistem operasi yang ada saat ini dan mengetahui kelebihan dan kelemahannya.
9. Siswa mampu melakukan berbagai pengaturan di desktop windows.

B. Materi Pembelajaran
1. Kesehatan dan Keselamatan kerja
2. Menghubungkan, menghidupkan dan mematikan komputer
3. Sistem operasi
4. Mengatur desktop Windows
5. Menggunakan keyboard

C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2. Metode : Diskusi Kelompok
Praktikum

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru bertanya apa yang dimaksud dengan K3.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang K3.
2) Guru membagi kelompok siswa.
3) Masing-masing kelompok berdiskusi tentang topik berikut:
 Apa yang dimaksud dengan K3.
 Bagaimana posisi yang benar dari K3.
 Memperagakan posisi yang sesuai dengan K3.
4) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan mendemostrasikan posisi yang sesuai dengan K3
5) Guru mengomentari hasil presentasi.
6) Guru mendemostrasikan posisi komputer dan tubuh sesuai dengan K3.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menunjukkan perangkat-perangkat komputer dan bertanya apa fungsi masing-masing perangkat.
b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
2) Guru mendemonstrasikan bagaimana cara menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
3) Guru mendemostrasikan cara menghidupkan dan mematikan komputer.
4) Siswa melakukan praktikum Modul 1.
5) Siswa membagikan pengalaman praktikum.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan praktikum yang sudah dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan apakah ada siswa yang sudah pernah mengetik menggunakan mesin ketik atau komputer.
2) Guru bertanya bagaimana cara meletakkan jari di tombol keyboard.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik tentang mengetik
2) Guru mendemostrasikan cara mengetik.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 2.
4) Guru memberikan kesempatan siswa untuk membagikan pengalaman praktikum.
5) Guru memberi komentar praktikum yang sudah dilakukan siswa.
6) Guru memeriksa hasil kerja siswa

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

4. Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan pengalaman siswa melakukan praktikum minggu yang lalu.
2) Guru mengomentari cara siswa bekerja pada minggu yang lalu. Hal-hal yang tidak perlu diulangi.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali kemajuan peserta didik tentang mengetik.
2) Guru mendemostrasikan cara mengetik.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 3.
4) Guru memberikan kesempatan siswa untuk membagikan pengalaman praktikum.
5) Guru memberi komentar praktikum yang sudah dilakukan siswa.
6) Guru memeriksa hasil kerja siswa

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

5. Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan pengalaman siswa melakukan praktikum minggu yang lalu.
2) Guru mengomentari cara siswa bekerja pada minggu yang lalu. Hal-hal yang tidak perlu diulangi.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali kemajuan peserta didik tentang mengetik.
2) Guru mendemostrasikan cara mengetik.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 4.
4) Guru memberikan kesempatan siswa untuk membagikan pengalaman praktikum.
5) Guru memberi komentar praktikum yang sudah dilakukan siswa.
6) Guru memeriksa hasil kerja siswa

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

6. Pertemuan Keenam
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan pengalaman siswa melakukan praktikum minggu yang lalu.
2) Guru mengomentari cara siswa bekerja pada minggu yang lalu. Hal-hal yang tidak perlu diulangi.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali kemajuan peserta didik tentang mengetik.
2) Guru mendemostrasikan cara mengetik.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 5.
4) Guru memberikan kesempatan siswa untuk membagikan pengalaman praktikum.
5) Guru memberi komentar praktikum yang sudah dilakukan siswa.
6) Guru memeriksa hasil kerja siswa

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.


7. Pertemuan Ketujuh
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru menanyakan pengalaman siswa melakukan praktikum minggu yang lalu.
2) Guru mengomentari cara siswa bekerja pada minggu yang lalu. Hal-hal yang tidak perlu diulangi.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali kemajuan peserta didik tentang mengetik.
2) Guru mendemostrasikan cara mengetik.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 6.
4) Guru memberikan kesempatan siswa untuk membagikan pengalaman praktikum.
5) Guru memberi komentar praktikum yang sudah dilakukan siswa.
6) Guru memeriksa hasil kerja

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

8. Pertemuan Kedelapan
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Menanyakan mengapa tampilan desktop di komputer berbeda-beda.
2) Bagaimana cara mengatur tampilan desktop sesuai dengan keingnan kita.

b. Kegiatan Inti
1) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengalaman dan pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang pengaturan desktop komputer.
2) Guru melakukan demostrasi mengatur desktop komputer.
3) Siswa melakukan praktikum Modul 7.
4) Siswa membagikan pengalaman praktikum.

c. Kegiatan penutup
1) Guru memberi kesimpulan dari praktikum yang dilakukan.
2) Guru memberikan pengembangan konsep
3) Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.

E. Sumber Belajar
2. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 1 untuk Kelas VII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
b. Pengamatan kinerja diskusi
c. Kinerja saat praktikum.
2. Bentuk instrumen
a. PG dan isian singkat
b. Daftar penilaian saat diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

testing